Kamis, 29 Januari 2015

SUDAHKAH KITA MEMPERSIAPKAN MASA TUA?

Sharing..
Renungan ANNE AVANTIE
Mengapa orang tua harus punya uang sendiri...? dan memikirkannya dari sejak usia produktif? Paling tidak, wlpn usia pensiun "masih" sehat.
Terlalu banyak kisah "miris" yg menyayat hati mengenai masa tua yg menguras air mata.
Masa kecil ditimang -timang - dihangatkan dari dinginnya udara...-di lindungi dari panasnya terik matahari dan didekap dari deras nya hujan...tapi apa yg didapat dimasa tua...? .
Kalau bernasib "baik" ya hidup dalam limpah kebahagiaan. Tapi kalau nasibnya "tidak baik"..- masa tua akan sangat menyakitkan hati. 
Anak yg "digadang gadang " bisa menitipkan diri diusia renta ternyata lebih fokus pada keluarganya dan orang tua dianggap "merepotkan"...sungguh ironis.
Orang tua makin "tua" makin aneh dan tidak lagi bisa berpikir "normal" bisa jadi makin "rewel " --makin bikin repot dan yg pasti makin "cerewet " - hal ini tentu anak2 yg memiliki kesibukan sangat terganggu.
Banyak pula yg dimasa tua anak bermusuhan dgn orang tua...krn dianggap bikin repot. Sudah merepotkan apa lagi kl ngga punya apa2 yg bisa "diwaris"kan...
Tentu sangat beda kalau masih ada yg "diwaris"kan maka anak2...mengerumuni hangat disamping nya.
Mari mulai memikirkan masa tua dari saat ini shg tidak...merepotkan anak2 ketika anak2 mulai punya keluarga. 
Anak2 kita yg kita harapkan "merawat"kita - mungkin sdh sukses sehingga sangat "sibuk" maka tidak ada "waktu"..untuk orang tua...-
Dia lupa waktu disekolahkan dulu dgn "airmata darah" setelah jadi orang akan "repot" sekali dgn usaha nya...dia tidak akan sempat memikirkan "pintar"nya dari mana dan dari siapa? ...
Kalau tidak mau semakin sakit hati dgn anak2 kita...ya --jadilah orang tua yg "mandiri" dan jangan "menuntut "apapun.
Memintarkan anak2 kita adalah "kewajiban" tapi jangan pernah "menuntut" mereka untuk "pintar" pada kita. ..krn itu "misteri" kehidupan yg tak terselami.
Beruntung saya sudah berada di bisnis yang tepat, bisa sambil menemani mama saya  yang sudah janda di hari tuanya dan mengasuh anak saya sendiri tanpa suster sambil tetap berkarir dan mencari income untuk persiapan hari tua nanti.
www.StefanyRhema.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar